Tips Cara Memulai Bisnis

Posted by Unknown on Monday, November 25, 2013

Banyak orang yang bingung untuk memulai bisnis. Memulai sebuah bisnis atau usaha merupakan hal yang sangat sulit. Berbagai keterbatasan dirasakan oleh seseorang yang akan memulai sebuah bisnis/usaha. Keragu-raguan muncul pertama kali ketika seseorang akan melakukan sebuah usaha, entah apa itu jenis usahanya.

Berjuta alasan menghantui pikiran, tidak punya modal, takut rugi, belum pernah mencoba, tidak berpengalaman, takut tidak laku, apa saya bisa, dan segudang alasan yang membuat seseorang urung untuk memulai sebuah usaha, atau bahkan bingung, mau usaha apa. Kekhawatiran tersebut, mungkin akan dialami oleh seseorang yang akan memulai sebuah usaha, oleh karena itu, diperlukan niat, tekad, dan kemauan yang keras untuk melangkah.

Perasaan ragu, takut, dan khawatir itu adalah hal yang lumrah, semua orang pasti merasakannya, itu terjadi mana kala seseorang tidak terbiasa menerima tantangan hidup. Jalan keluarnya adalah kita harus merubah pandangan hidup dan jalan pikiran kita. Tanamkan dalam diri dan pikiran kita, bahwa berwirausaha itu sangat menarik dan tidak membosankan.


Berpikirlah bahwa tantangan berwira usaha akan merubah kebiasaan hidup kita yang monoton dan itu-itu saja, dengan berwira usaha, kita dapat mengembangkan ide cemerlang dan kreatifitas yang terhalang serta mendapatkan kebebasan berkarya tanpa ada aturan dari pihak manapun, dan akhirnya tujuan utamannya adalah berpeluang untuk mendapatkan penghasilan yang sangat besar dan tak terbatas.

Untuk mengubah jalan pemikiran dan pandangan hidup kita ke dunia bisnis tidaklah mudah, ini membutuhkan proses yang cukup lama, untuk itu kita harus mengedepankan tindakan dari pada pemikiran. Seperti pepatah barat “Just Do It” lakukan saja, langsung lakukan, jangan terlalu lama berpikir, jangan kebanyakan berpikir. Nah kemudian setelah melakukan suatu usaha, langkah selanjutnya adalah meningkatkan kemampuan atau kompetensi diri kita di bidang usaha yang kita geluti. Cari informasi sebanyak mungkin tentang usaha kita dari internet, teman dekat, atau dari buku. Banyak membaca pengalaman orang lain yang telah sukses juga akan sangat membantu kita dalam melatih pikiran untuk berwira usaha.

Kita harus membina hubungan, mencari teman yang dapat memberikan motivasi dan nasehat, serta ilmu tentang usaha yang kita lakukan. Seiring dengan perkembangan kemampuan atau kompetensi diri kita, kita akan semakin ahli dan tangguh dalam menjalankan bisnis kita, kita juga bisa belajar dari kegagalan orang lain, sehingga kita tidak melakukan hal serupa yang mengakibatkan kegagalan tersebut, bahkan sebaliknya, kita justru mengerti dan memahami apa yang harus dilakukan agar tidak mengalami kegagalan yang serupa.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...