8 Syarat Makanan Sehat

Posted by Unknown on Monday, November 25, 2013

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, salah satu syaratnya adalah mengkonsumsi makanan yang sehat. Makanan dikatakan sehat apabila memenuhi beberapa ketentuan.
Berikut ini 8 Syarat Makanan Sehat yang harus dipenuhi agar tubuh menjadi sehat:

1. Bahan makanan harus murni, utuh, dan alamiah. Tidak mengalami rekayasa genetika, tumbuh secara alami tanpa campur tangan manusia. Utuh akar atau umbinya, batang, buah, kulit, biji, daun, dan utuh bunganya. Bebas dari pencemaran bahan kimia seperti pestisida kimia atau kandungan residu kimianya 0%.

2. Mengandung unsur zat gizi lengkap. Sumber hidrat arang, seperti nasi, jagung, dan umbi-umbian. Sumber protein, seperti daging, telur, ikan, dan kacang-kacangan. Sumber mineral, seperti sayur-sayuran. Sumber vitamin, seperti buah-buahan.

3. Bahan makanan yang dikonsumsi 60% mentah dan segar. Tujuannya adalah untuk mendapatkan makanan yang padat akan gizi dan mengandung banyak serat alami.

4. Komposisi pH makanan terdiri dari 20% asam dan 80% basa. Tubuh sakit bersifat asam, hal ini dapat terjadi karena makanan yang bersifat asam masuk ke dalam tubuh lebih dari 20%. Sumber makanan yang menghasilkan pH asam dalam tubuh adalah hidrat arang dan protein. Sayuran dan buah-buahan adalah makanan yang bersifat basa

5. Makanan harus bervariasi. Makanan yang dikonsumsi, walaupun berbeda-beda tetapi tetap berkomposisi 4 macam dan kadar gizinya satu sama lain saling melengkapi. Perlunya variasi makanan untuk menghilangkan rasa jenuh atau bosan terhadap salah satu makanan.

6. Jumlah bahan makanan atau asupan yang kita makan tepat. Artinya tidak berlebih dan tidak kekurangan. Kelebihan makanan berakibat kegemukan. Kekurangan makanan akan mengakibatkan kekurusan.

7. Pemanenan, penyimpanan, dan pengolahan makanan harus tepat. Pemanenan, penyimpanan, dan pengolahan makanan harus tepat untuk mendapatkan kualitas makanan yang prima, tidak rusak, dan bergizi tinggi. Pengolahan makanan sebaiknya direbus atau dikukus. Menggoreng makanan hanya akan menyebabkan kolesterol tinggi.

8. Menggunakan pertanian organik. Untuk mendapatkan makanan yang memenuhi syarat tersebut di atas, bahan makanan harus dihasilakan dari pertanian organik atau lestari yang tidak menggunakan bahan-bahan kimia.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...