Mengapa Timbul Perdagangan Internasional?

Posted by Unknown on Friday, November 29, 2013

Mengapa Timbul Perdagangan Internasional? - Perdagangan internasional adalah suatu kegiatan transaksi atau tukar-menukar barang dan jasa antarnegara melalui kegiatan ekspor dan impor. Untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, suatu negara tidak bisa hanya mengandalkan produk-produk dalam negeri sendiri saja, maliankan juga membutuhkan produk dari luar negeri. Oleh karena itu munculah perdagangan internasional.

Perdagangan internasional ada yang bersifat bilateral (dilakukan antar 2 negara), regional (dilakukan antar negara dalam suatu wilayah atau kawasan ertentu), maupun multilateral (dilakukan oleh beberapa atau banyak negara di dunia)

Alasan diadakannya atau timbulnya atau terjadinya perdagangan internasionala adalah bahwa:
  1. tidak ada suatu negara yang mampu memenuhi kebutuhan sendiri (autokrasi)
  2. sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang dimiliki setiap negara tidak sama dan terbatas. Oleh sebab itu suatu negara membutuhkan sumber daya atau barang dan jasa dari negara lain untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya.
kedua faktor tersebut yang menyebabkan munculnya perdagangan internasional. Sebagai contoh Indonesia, karena keadaan alam dan iklimnya mampu menghasilkan batu bara, gas LPG, biji besi, karet dan, hasil pertanian. Sedangkan Jepang mampu menghasilkan barang-barang industri misalnya mobil atau mesin, karena memiliki SDM yang baik. Agar kedua negara mampu memenuhi kebutuhannya, maka perlu mengadakan perdagangan antarnegara/internasional

Perdagangan internasional dilakukan dengan dua kegiatan yaitu ekspor dan impor. Ekspor artinya mengirim atau menjual barang ke luar negeri, sedangkan impor artinya mendatangkan atau membeli barang dari luar negeri. Jadi inti dari kegiatan perdagangan internasional adalah ekspor dan impor.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...