PTK Penjas Kelas IV BAB II Kajian Pustaka Lempar Turbo

Posted by Unknown on Saturday, November 30, 2013

PTK Penjas Kelas IV BAB II Kajian Pustaka Lempar Turbo - Berikut ini Contoh PTK Penjas Kelas IV BAB II Kajian Pustaka tentang Lempar Turbo dengan judul "PENERAPAN ALAT BANTU MODIFIKASI PELEPAH DAUN PISANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR TURBO PADA SISWA KELAS IV SD TAHUN PELAJARAN"

BAB II
Kajian Pustaka

A.    Kajian Teori
1.    Atletik
a.    Pengertian Atletik

Atletik adalah cabang olahraga yang memerlukan kekuatan, kelincahan, daya tahan, dan kecepatan. Atletik terdiri atas nomor-nomor lari, jalan, lompat, dan lempar. Atletik adalah cabang olahraga yang paling tua. Atletik sudah dikenal manusia sejak zaman dahulu. Atletik banyak diperlombakan dalam pertandingan olahraga. (Olih, dkk. 2010: 15).

Atletik adalah aktivitas jasmani atau latihan jasmani yang berisikan gerak alamiah atau wajar seperti jalan, lari, lompat, dan lempar. Atletik dilakukan di semua negara, karena nilai edukatif yang terdapat di dalamnya juga memegang peranan penting dalam pengembangan kondisi fisik, sehingga dapat menjadi dasar pokok untuk pengembangan atau peningkatan prestasi yang optimal bagi cabang olahraga lain dan bahkan diperhitungkan sebagai ukuran kemajuan suatu negara, khususnya dalarn prestasi olahraga (Ballesteros, 1979).

Atletik adalah gabungan dari beberapa jenis olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi lari, lempar, dan lompat. Kata ini berasal dari bahasa Yunani "athlon" yang berarti "kontes". Atletik merupakan cabang olahraga yang diperlombakan pada olimpiade pertama pada 776 SM. Induk organisasi untuk olahraga atletik di Indonesia adalah PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia) (http://id.wikipedia.org/wiki/Atletik)

b.    Pengertian Lempar Turbo

Lempar turbo adalah olahraga atletik lempar lembing bagi anak SD. Lempar turbo adalah dasar dari lempar lembing. Lempar lembing terdiri dari dua kata yaitu lempar dan lembing. Lempar yang berarti usaha untuk membuang jauh-jauh, dan lembing adalah tongkat yang berujung runcing yang dibuang jauh-jauh (Munasifah, 2008:4).

Lempar lembing adalah salah satu nomor yang terdapat dalam cabang olahraga atletik yang menggunakan alat bulat panjang yang berbentuk tombak dengan cara melempar sejauh-jauhnya (PASI, 1988:43). Menurut Jerver (1996:142) Lempar lembing adalah suatu gerakan antara sentuhan tangan dengan menggunakan benda yang berbentuk panjang berusaha untuk melempar sejauh mungkin. Untuk memperoleh jauhnya lemparan diperlukan kekuatan dan kecepatan gerak serta sudut pada saat lembing meninggalkan tangan.

Berdasarkan pendapat di atas, lempar turbo adalah salah satu nomor yang terdapat dalam cabang olahraga atletik yang menggunakan alat bulat agak panjang yang berbentuk menyerupai tombak yang memiliki sayap pada sisinya yang terletak pada ujung belakang dan dilakukan dengan cara melempar sejauh-jauhnya.

2.    Pengertian Belajar

Belajar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1993:13) adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu. Pengertian belajar menurut Suharsimi Arikunto (1993:19) adalah suatu proses yang terjadi karena adanya usaha untuk mengadakan perubahan terhadap diri manusia yang melakukan, dengan maksud memperoleh perubahan dalam dirinya, baik berupa pengetahuan, keterampilan, ataupun sikap.

Dari beberapa pendapat di bawah dapat disimpulkan bahwa belajar merupakan suatu perubahan tingkah laku dalam berbagai aspek kepribadian, (yang idealnya) perubahan tersebut merupakan perubahan positif, diperoleh karena yang bersangkutan menghendaki perubahan, dan perubahan itu dicapai melalui tahapan latihan dan atau pengalaman.

3.    Pengertian Hasil Belajar


Menurut Sudjana (Padmono, 2002:37) menyatakan bahwa hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa atau mahasiswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya.
Menurut Mulyono Abdurrahman (2003:37) “Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar”. Dalam kegiatan pembelajaran tujuan yang ingin dicapai ditentukan sebelumnya. Anak yang dikatakan berhasil adalah mereka yang dapat mencapai tujuan-tujuan pelajaran yang telah ditentukan sebelumnya.

Dimyati dan Mujiono (2006:3) memaparkan bahwa “Hasil belajar merupakan hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar”. Hasil belajar merupakan pencapaian tujuan pengajaran dan kemampuan mental siswa. Setelah selesai mempelajari materi, diadakan evaluasi hasil belajar untuk mengetahui tingkat pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya, sebelum dilanjutkan pada jenjang yang lebih tinggi.

Berdasarkan teori di bawah dapat disimpulkan bahwa hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar. Hasil belajar merupakan penguasaan berbagai macam keterampilan, pengetahuan setelah siswa memperoleh pengalaman belajar. Dalam kegiatan pembelajaran tujuan yang ingin dicapai ditentukan sebelumnya. Anak yang dikatakan berhasil adalah mereka yang dapat mencapai tujuan-tujuan pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya.

B.    Kerangka Berpikir

Pada studi awal pelaksanaan pembelajaran lempar turbo dilakukan secara langsung dengan menggunakan turbo. Siswa kurang berminat karena siswa menganggap bahwa turbo itu berat dan susah untuk melemparnya, sehingga hasil belajar siswa rendah.

Pada siklus I pembelajaran menggunakan turbo modifikasi guru, sehingga hasil belajar meningkat, namun belum mencapai tingkat ketuntasan yang diharapkan karena siswa masih kurang aktif dalam pembelajaran.

Pada siklus II pembelajaran menggunakan turbo modifikasi siswa, sehingga siswa lebih aktif karena menggunakan media buatan sendiri. Suasana kompetisi muncul, siswa bersaing untuk melakukan lemparan dengan turbo modifikasi sendiri, sehingga siswa menjadi lebih aktif dan hasil belajar siswa meningkat.

C.    Hipotesis Tindakan
Berdasarkan kerangka berpikir di atas, diduga melalui penerapan modifikasi pelepah daun pisang dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan tentang lempar turbo.

Berdasarkan dugaan tersebut di atas, hipotesis tindakan penelitian ini adalah “Penerapan modifikasi pelepah daun pisang dapat meningkatkan hasil belajar lempar turbo pada siswa kelas IV SD."

Demikian Contoh PTK Penjas Kelas IV BAB II Kajian Pustaka Lempar Turbo, semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi.

Baca juga:


PTK Penjas Kelas IV BAB III Prosedur Penelitian Lempar Turbo

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...