Monas Monumen Nasional Jakarta Indonesia

Posted by Unknown on Saturday, November 23, 2013

Monas Monumen Nasional Jakarta Indonesia - Monas merupakan singkatan dari Monumen Nasional. Monas adalah monumen yang juga berfungsi sebagai obyek wisata di Jakarta yang merupakan monumen kebanggaan bangsa Indonesia yang sangat bersejarah.

Monas Monumen Nasional  merupakan suatu monumen atau tugu yang melambangkan keperkasaan perjuangan bangsa Indonesia. Terletak di tengah lapangan Merdeka, yang salah satu bagiannya yakni lapangan Ikada, pernah digunakan oleh Soekarno-Hatta sebagai tempat mengadakan rapat raksasa, guna menghimpun kekuatan rakyat untuk mengusir penjajah yang akan kembali dan merebut kekuasaan pemerintah dari Jepang.

Tugu Monas atau Monumen Nasional dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961 dengan tujuan untuk mengenang dan mengabadikan kebesaran perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah yang dikenal dengan Revolusi 17 Agustus 1945. Monas selesai dibangun pada tahun 1967 dan menghabiskan dana kurang lebih 7 milyar rupiah, Monas dibuka pada tanggal 12 Juni 1975 oleh Gubernur Jakarta Ali Sadikin. Ketinggian Monas mencapai 132 meter.

Monas Monumen Nasional Jakarta Indonesia

Monas adalah salah satu tempat tujuan wisata di Indonesia. Lokasi Monumen nasional yang terkenal dengan sebutan Tugu Monas beralamat di Jalan Lapangan Monas Jakarta Pusat. Lokasi Tugu Monas sangat luas sehingga sangat cocok sebagai tempat wisata keluarga, Apalagi didukung oleh taman yang sejuk dan rimbun, ini sangat cocok untuk tempat beristirahat sambil menikmati pemandangan taman di tengah keramaian kota.

Monas terletak di tengah kota Jakarta sehingga letaknya sangat strategis bagi para pengunjung. Bentuk dan tata letaknya yang sangat menarik memanjakan pengunjung untuk menikmati pemandangan indah dan sejuk yang mempesona, berupa taman di mana terdapat pohon dari berbagai propinsi di Indonesia. Taman dilengkapi dengan kolam dan air mancur yang terdapat di pintu masuk membuat taman menjadi lebih sejuk. Hiburan bagi para pengunjung salah satunya adalah pesona air mancur bergoyang yang jarang ditemukan di lokasi lain.

Monas dirancang dengan sempurna, mulai dari bangunan hingga taman dan kelengkapan pendukungnya, seperti patung dan masih banyak lagi. Di dekat pintu masuk menuju pelataran Monas, tampak berdiri dengan megah dan gagah sebuah patung Pangeran Diponegoro yang sedang menunggang kuda. Patung Pangeran Diponegoro ini terbuat dari perunggu dengan berat 8 ton yang dikerjakan oleh pemahat Italia, Prof. Coberlato sebagai sumbangan konsulat Jenderal Honeres Dr. Mario di Indonesia.

Monas selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik dalam negeri maupun luar negeri, Apalagi ketika liburan. Pada waktu sore hari, banyak pengunjung yang jalan-jalan santai melepas lelah bersama keluarga dan anak-anak mereka, setelah lelah bekerja seharian

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...