Penderita Asam Urat Harus Waspadai Kangkung

Posted by Unknown on Wednesday, November 27, 2013

Penderita Asam Urat Harus Waspadai Kangkung - Kangkung adalah sayuran hijau yang mudah didapatkan di mana saja. Kangkung adalah sayuran yang banyak disukai orang karena rasanya yang lezat. Kangkung biasanya dikonsumsi sebagai sayuran ataupun pecel/lotek

Mengingat kandungan zat purin yang cukup tinggi dari sayur kangkung ini maka, kepada penderita asam urat yang telah berat harus berhati-hati untuk makan kangkung dan sebaiknya dihindari.

Kadar Purin pada kangkung cukup Tinggi, setiap100 gram kangkung mengandung 298 mg purin. Kandungan zat purin pada kangkung lebih tinggi daripada zat purin pada kacang tanah. Bagi mereka yang menderita penyakit asam urat, sebaiknya dalam mengkonsumsi kangkung perlu waspada. Hal ini dikarena kangkung mengandung zat purin cukup tinggi.

Penderita Asam Urat Harus Waspadai Kangkung

Zat Purin adalah merupakan zat bentuk turunan nukleoprotein, yaitu salah satu komponen asam nukleat yang terdapat pada inti sel-sel tubuh. Secara alamiah, purin terdapat dalam tubuh kita dan dijumpai pada semua makanan dari sel hidup, yakni makanan dari tanaman, sayur, buah, kacang-kacangan atau pun hewan yakni daging, jeroan, dan ikan.

Pada dasarnya pada tubuh setiap orang telah menghasilkan purin, hal ini disebabkan pada setiap metabolisme normal dihasilkan purin. Tubuh manusia telah menyediakan 85% senyawa purin untuk kebutuhan setiap hari. Ini berarti bahwa kebutuhan purin dari makanan hanya sekitar 15 persen. Sedangkan pemicu asam urat adalah konsumsi makanan dan senyawa lain yang banyak mengandung purin. Apabila kita telah menderita asam urat, kita masih diperbolehkan mengonsumsi purin sebanyak 100-150 mg per hari. Hal ini berarti, penderita asam urat ringan masih dapat mengonsumsi kangkung sebanyak 50 gram setiap harinya.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...