Perbedaan Gerak Sadar dan Reflek

Posted by Unknown on Wednesday, December 4, 2013

Perbedaan Gerak Sadar dan Reflek - Apakah Perbedaan Gerak Sadar dan Reflek itu? Perbedaan gerak sadar dan gerak reflek dapat dijelaskan sebagai berikut:

Gerak Sadar

Gerak sadar adalah gerakan yang dikontrol oleh pusat kesadaran. Pada gerak itu, otakmu memberi perintah kepada otot-otot untuk melakukan gerakan tersebut. Jalannya impuls pada gerak sadar adalah sebagai berikut:

impuls dari reseptor → neuron sensorik → pusat saraf (otak) → respon efektor → neuron motorik → efektor (gerak anggota tubuh).

Contoh gerak sadar adalah aktivitas sehari-hari seperti makan, lari, dan melompat.

Gerak Refleks

Gerak refleks adalah gerakan spontan yang tanpa disadari.
Contohnya bila tangan menyentuh benda panas tanpa sengaja, maka secara spontan akan menarik tangan menjauhi benda panas itu.

Jalannya impuls pada gerak refleks sebagai berikut:

impuls dari reseptor→neuron sensorik → sumsum tulang belakang respon efektor → neuron
motorik → efektor

Impuls yang menyebabkan gerakan tersebut dibawa oleh sel saraf sistem eferen somatik dan suatu jalur rangsangan pendek yang disebut lengkung refleks.

Gerak refleks dibedakan menjadi dua yaitu refleks kranial dan refleks spinal. Pada refleks kranial
(yang terjadi di kepala, misalnya bersin), jalur ini hanya melibatkan sebagian kecil dari otak. Namun pada refleks spinal (yang terjadi di bagian tubuh lainnya), hanya sumsum tulang belakang yang terlibat secara aktif, sedangkan otak tidak terlibat. Jalan impuls pada gerak refleks di atas melibatkan lengkung refleks spinal.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...