Kandungan Buah Asam dan Manfaatnya

Posted by Unknown on Wednesday, December 11, 2013

Kandungan Buah Asam dan Manfaatnya - Tahukah kita begitu banyak manfaat buah asam bagi manusia? Asam sudah familiar di lingkungan kita. Buah asam telah dikenal oleh banyak orang karena kegunaanya sebagai bumbu masak atau pelengkap sayuran dan sambal.

Buah asam tergolong sebagai buah polong yang memiliki rasa sangat asam. Buah asam berwarna coklat. Tumbuhan asam memiliki batang yang kokoh dan dapat berkembang menjadi besar dan kuat yang memiliki daun yang rindang sebagai pohon peneduh. Pohon asam memiliki nama latin Tamarindus indica, dan termasuk ke dalam suku Fabaceae (Leguminosae).

Kandungan Buah Asam dan Manfaatnya

Kandungan Buah Asam

Asam jawa mengandung zat yang dibutuhkan tubuh, yaitu protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B, dan Vitamin C. Asam jawa mengandung berbagai jenis asam, yaitu asam sitrat, asam anggur, asam tartrat, asam suknisat.

Pada umumnya buah asam digunakan untuk bumbu masak, permen/gula-gula, dan sari buah.

Buah asam memiliki khasiat sebagai obat asma, demam, sariawan, sakit perut, luka borok, dan rambut ronrok.

Buah asam yang masih muda sangat masam rasanya yang digunakan sebagai bumbu sayur asam atau campuran rujak. Buah yang telah masak dapat disimpan lama setelah dikupas dan sedikit dikeringkan dengan bantuan sinar matahari.

Orang Jawa mengatakan buah asam yang telah dikeringkan dengan istilah "Asam kawak". Asam kawak biasa diperdagangkan antar pulau dan antar negara. Selain sebagai bumbu, untuk memberikan rasa asam atau untuk menghilangkan bau amis ikan, asem kawak biasa digunakan sebagai bahan sirup, selai, gula-gula, dan jamu.

Cara membuat jamu asam adalah dengan menjemur daging buah asam jawa yang sudah dibuang kulitnya dan dibentuk menjadi bulatan-bulatan sebesar telur itik.

Asam kawak dapat diolah menjadi madu asam, dengan cara menjemur dalam tempat yang teertutup, hingga keluar suatu cairan coklat kehitaman. Cairan madu asam ini digunakan untuk mengobati seriawan dengan cara untuk berkumur.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...