3 Penyebab Gempa Bumi

Posted by Unknown on Wednesday, December 4, 2013

3 Penyebab Gempa Bumi - Gempa bumi merupakan salah satu bentuk bencana alam yang berbahaya. Gempa bumi dapat merusak alam. Kerusakan yang diakibatkan oleh gempa bumi bisa bervariasi, dari kerusakan ringan hingga kerusakan berat, tergantung dari kekuatannya.

Gempa bumi yang terjadi di laut pinggiran atau di pantai dengan kekuatan besar dapat mengakibatkan kerusakan hebat karena menimbulkan tsunami.

Gempa bumi merupakan peristiwa alam yang terjadi karena gangguan mendadak pada lapisan batuan yang terdapat di dalam bumi sehingga menimbulkan getaran di permukaan bumi. Gempa bumi yang hebat bisa merusak bangunan dan harta benda, bahkan dapat menelan korban jiwa yaitu nyawa manusia.

Gempa bumi dapat digolongkan menjadi 3, berikut dengan penyebabnya:
  1. Gempa tektonik, yaitu gempa yang disebabkan karena pergeseran letak lapisan kulit bumi. pergeseran ini menimbulkan guncangan yang sangat kuat dan sering kali menimbulkan kerusakan di permukaan bumi. Jenis gempa ini sering terjadi di Indonesia.
  2. Gempa vulkanik, yaitu gempa yang disebabkan karena aktivitas gunung berapi. Gempa vulkanik dapat terjadi bersamaan, sebelum, atau sesudah letusan gunung berapi. Gempa vulkanik terjadi karena tersumbatnya gerakan magma keluar dari perut bumi. Biasanya gempa vulkanik dapat dirasakan di sekitar area gunung berapi.
  3. Gempa runtuhan, yaitu gempa yang disebabkan karena terjadi runtuhan tanah pada lubang atau dinding gua dalam tanah.
Demikian 3 Penyebab Gempa Bumi, semoga bermanfaat.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...