Naskah Pidato tentang Adab Berpakaian Islam

Posted by Unknown on Wednesday, December 4, 2013

Berpakaian dalam ajaran diatur secara tersendiri. Sebagai orang islam, harus mentaati adab atau cara berpakaian sesuai ketentuan dalam Al-Qur'an. Berikut ini Contoh Naskah Pidato tentang Adab Berpakaian untuk acuan mengikuti lomba pidato

Bismillahirohmanirrohiimi. Assalamu’ alaikum wr. wb.
Bismillah. Alhamdulillah, Lahaulawalaquwataillahbillah.

Judul pidato yang akan saya sampaikan adalah Adab Berpakaian dalam hukum Islam.

Firman Allah dalam Al Qur’an yang artinya, Pakailah pakaian kamu yang baik-baik setiap memasuki masjid, makanlah, minumlah, dan jangan berlebihan. Sebagai orang islam, kita harus harus menjunjung tinggi adab, baik itu adab makan, minum, bahkan berpakaian pun ada adabnya, nah oleh karena itulah agama islam disebut agama yang beradab bukan biadab.

Dalam kaidah Islam, Adab berpakaian disampaikan sebagai berikut:
  1. Mengawali dalam memakai baju dengan membaca bismill…….. dan pada saat melepas baju membaca alkham... (dulillahirobbillllalamin). Seperti sebuah syair Dimulakan dengan Bismillah, Disudahi dengan Alhamdulillah. Begitulah sehari dalam hidup kita, Mudah-mudahan dirahmati Allah.
  2. Menjaga kebersihan pakaian kita. Kebersihan harus selalu diperhatikan,karena kebersihan adalah sebagian dari iman.
  3. Memakai baju atau berpakaian jangan berlebihan.
  4. Berpakaian harus sesuai pada tempatnya, laki-laki tidak boleh memakai pakain perempuan, dan perempuan tidak boleh memakai pakaian laki-laki.
  5. Berpakaian untuk menutup aurat. Aurat laki-laki mulai dari pusat sampai lutut. Aurat perempuan adalah seluruh tubuh, kecuali, muka dan telapak tangan.
Oleh karena itu teman-teman, mari kita junjung tinggi adab, terutama, yang dianjurkan di dalam Al Qur’an nul karim, yang ditetapkan di dalam agama kita, yaitu agama islam. Syair mengakatan. Jilbab-jilbab putih lambang kesucian. Yang bersinar di tengah malam gelap gulita. Di balik jilbabmu ada jiwa yang taqwa. Di balik senyumu tersimpan masa depan cerah.

Demikian yang saya sampaikan, banyak kesalahan, mohon dimaafkan. Wabillahi taofiq wal hidayah, Wassalamu’ alaikum wr. wb.............

{ 2 comments... read them below or add one }

Usaha di Rumah said...

Info yang baik tentang berpakaian. Terima kasih.

Unknown said...

Minta ijin ya.......
buat belajar

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...