Pengertian dan Fungsi Peta

Posted by Unknown on Thursday, December 12, 2013

Pengertian dan Fungsi Peta - Dalam dunia pariwisata, peta memegang peranan yang sangat penting untuk mengetahui lokasi suatu tempat yang akan dikunjungi. Selain bidang pariwisata, masih banyak bidang-bidang lain yang membutuhkan peranan peta. Apa sih sebenarnya peta itu? dan Apa kegunaannya?

Berikut ini pengertian dan fungsi peta.

Peta adalah merupakan suatu gambaran atau representasi unsur-unsur ketampakan abstrak yang dipilih dari permukaan bumi, yang ada kaitannya dengan permukaan bumi atau benda-benda angkasa.


Menurut Perhimpunan Kartografi Internasional (International Cartographic Association, 1976). Peta adalah suatu gambaran atau representasi unsur-unsur ketampakan abstrak yang dipilih dari permukaan bumi, yang ada kaitannya dengan permukaan bumi atau benda-benda angkasa. Pada umumnya, peta digambarkan pada suatu bidang datar dan kemudian diperkecil atau menggunakan skala.

3 kata kunci sebagai hal penting di dalam peta adalah "dipilih, bidang datar, dan diperkecil".

Berdasarkan pengertian di atas, maka fungsi peta antara lain dapat digunakan untuk
  1. Menunjukkan lokasi
  2. Memperlihatkan ukuran
  3. Memperliharkan kecenderungan bentuk
  4. Menunjukkan ketinggian tempat
  5. Mengumpulkan dan menyeleksi data.

Berikut ini hal-hal penting yang berkaitan dengan peta dan istilahnya

Proyeksi peta adalah merupakan suatu sistem yang memberikan hubungan antara posisi titik-titik di bumi dengan posisi titik-titik di peta.

Sistem klasifikasi proyeksi peta digolongkan menjadi 2, yaitu Pertimbangan Ekstrinsik dan Pertimbangan Intrinsik, berikut ini penjelasannya.

Pertimbangan Ekstrinsik

Proyeksi dibedakan ke dalam tiga bagian yaitu berdasarkan bidang proyeksi (proyeksi azimutal,
kerucut, dan silinder), berdasarkan bidang persinggungan (tangen, secan, polysuperficial), dan berdasarkan posisi sumbu simetri terhadap bidang proyeksi (proyeksi normal, miring, dan transversal).

Pertimbangan Intrinsik
Proyeksi dibagi menjadi dua yaitu berdasarkan sifat-sifat asli (proyeksi ekuivalen, konform, ekuidistan) dan berdasarkan generasi (geometris, matematis, dan semi geometris).

Komponen kelengkapan peta:
  • judul
  • skala
  • legenda atau keterangan
  • tanda orientasi
  • warna
  • simbol
  • sumber
  • tahun pembuatan
Ukuran peta juga sangat mempengaruhi kemudahan dalam penggunaannya, oleh karena itu perlu dilakukan usaha memperbesar dan atau memperkecil peta. Memperbesar dan memperkecil sebuah peta dapat dilakukan dengan memperbesar grid dan fotocopy.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...